test

Apasih Gelombang Tsunami?

Tsunami sering dianggap sebagai gelombang air pasang. Ini dikarenakan saat mencapai daratan, gelombang Tsunami ini memang lebih menyerupai air pasang yang tinggi daripada menyerupai ombak.

Pada dasarnya gelombang tsunami sama sekali tidak berkaitan dengan peristiwa pasang surut air laut. Oleh karena itu untuk menghindari pemahaman yang salah, para ahli oseanografi sering menggunakan istilah gelombang laut seismik (seismic sea wave) untuk menyebut tsunami, yang secara ilmiah lebih akurat.

Jika diartikan secara bahasa, Tsunami berasal dari bahasa Jepang yaitu ‘tsu dan ‘nami’ yang mempunyai arti secara harfiah ombak besar pada sebuah pelabuhan. Istilah tsunami ini berasal dari bahasa Jepang, karena secara geografis Jepang merupakan salah satu negara di benua Asia yang paling rawan akan bencana alam Tsunami.

Gelombang Tsunami adalah jenis gelombang yang dapat bergerak ke segala arah dengan jarak yang sangat jauh hingga beribu-ribu kilometer, tak heran jika dampak yang dirasakan oleh bencana ini bisa menyapu dan menghancurkan seisi kota. Tidak hanya jaraknya saja yang luas, namun gelombang Tsunami juga mempunyai kecepatan mulai dari 500 – 1000 km/jam, bahkan bisa menyamai kecepatan sebuah pesawat.

Apa Saja Sih yang Dapat Menyebabkan Tsunami?

  1. Gempa Bumi

Gelombang Tsunami dapat dipicu oleh gempa bumi yang terjadi di dasar laut. Pergerakan lempeng bumi menjadi penyebab terjadinya gempa di dasar laut tersebut.

2. Erupsi Gunung Berapi

Terjadinya erupsi gunung berapi juga dapat menjadi pemicu terciptanya gelombang Tsunami. Proses keluarnya erupsi gunung berapi ini mengakibatkan gempa vulkanik yang dapat menciptakan gelombang pasang. Salah satu kejadian erupsi gunung berapi yang mengakibatkan Tsunami adalah terjadinya erupsi di gunung anak krakatau.

3. Longsor Bawah Laut

Lempeng bumi yang bertabrakan dapat mengakibatkan longsor di bawah laut. Gelombang Tsunami yang diakibatkan karena longsor ini sering disebut dengan Tsunami submarine landslide.

4. Hantaman Meteor

Faktor terakhir yang menjadi penyebab gelombang Tsunami adalah karena adanya hantaman meteor dari luar angkasa. Namun sebenarnya hal ini merupakan kejadian yang bisa dibilang kecil kemungkinan untuk terjadi, karena belu ada kejadian meteor jatuh menghantam bumi yang mengakibatkan gelombang pasang Tsunami, jadi untuk sementara ini hanya sebatas teori.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *